SILABUS TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
KELAS XII
Nama Sekolah : SMA _________
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Menggunakan perangkat lunak pembuat desain grafis
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan / Alat |
1.1 Menunjukan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak desain grafis | Indentifikasi Menu Desain Grafis Corel Draw | · Mengamati dan mengidentifikasi tampilan dari menu pada desain grafis Corel Draw dan mendiskusikan dengan dalam kelompok dibimbing oleh guru mata pelajaran · Diskusi mengenai gambar berbasis vektor dan berbasis bitmap | · Mengidentifikasi perbedaan grafis berbasis vektor dan bitmap · Mengidentifikasi menu dan ikon pada program desain grafis Corel Draw | Penilaian kinerja (sikap dan praktek serta tertulis) | 8 JP 2 JP UB | · Sumber Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga Jakarta · Alat Seperangkat Komputer dengan software Corel Draw 11 / 12 |
1.2 Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat desain grafis | Membuat Desain Sederhana dengan Corel Draw | · Mendemontrasikan penggunaan menu, tool dan icon untuk membuat gambar desain sederhana dengan bimbingan guru · Pemberian latihan secara bertahap sehingga pemahaman dan kemampuan siswa dalam pembuatan grafis secara bertahap dapat meningkat | · Mendemontrasikan pembuatan obyek dengan desain grafis Corel Draw · Mendemontrasikan perubahan bentuk pada obyek desain grafis · Mendemontrasikan pewarnaan pada obyek · Mendemontrasikan cara pembuat obyek | Penilaian melalui kinerja (praktek dan sikap) | 12 JP 4 UB | · Sumber Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga Jakarta · Alat Seperangkat Komputer dengan software Corel Draw 11 / 12 |
1.3 Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk dan ukuran | Membuat Desain Grafis untuk keperluan cetak | · Mempraktekan cara membuat desain grafis untuk percetakan | · Memotong dan menggabungkan obyek desain grafis · Membuat desain grafis untuk keperluan cetak · Membuat karya dengan aplikasi bitmap dua dan tiga dimensi | Penilaian melalui kinerja (praktek dan sikap) | 8 JP 2 UB | · Sumber Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga Jakarta · Alat Seperangkat Komputer dengan software Corel Draw 11 / 12 |
Catatan : JP = Jam Pelajaran 45 menit
UB =Ulangan Blok
Nama Sekolah : SMA _________
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII/2
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan / Alat |
2.1 Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi | Menu Operasional Microsoft Power Point | · Mendiskusikan dan mengidentifikasi fungsi masing-masing menu tool dan ikon pada lembar kerja power point · Mampraktekan beberapa fungsi dari menu, tool dan ikon pada lember kerja power point · Mendemontrasikan cara membuat slide dengan Wizard · Mempraktekan format teks, mengatur efek transisi dan durasi presentasi | · Mendeskripsikan manfaat program presentasi · Mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon · Membuat presentasi dengan templete dan Wizard · Mengatur Layout presentasi · Mengatur format teks · Mengatur efek transisi · Menentukan durasi presentasi | Penilaian melalui kinerja (praktek dan sikap serta tes tertulis) | 16JP + 2 UB = 18 JP | · Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga Jakarta · Seperangkat Komputer dengan software Power Point |
2.2 Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram | Membuat Presentasi Dengan Microsoft Power Point | · Mempraktekan cara menyisipkan picture · Mempraktekan cara menyisipkan diagram · Mempraktekan cara menyisipkan Chart · Mempratekan cara menyisipkan Word Art · Semua praktek dilakukan dengan dibimbinng oleh guru · Mempratekan cara mencetak handout · Melakukan packing dan publising halaman presentasi ke halaman internet | · Menyisipkan obyek berupa picture · Menyisipakn diagram · Menyisipkan Chart · Menyisipkan tabel · Menyisipkan Word Art · Menyisipkan audio · Mengatur efek transisi · Menentukan durasi presentasi · Menggabungkan dokumen presentasi dengan hyperlink · Mengatur urutan slide · Menggunakan navigasi · Membuat presentasi dengan melibatkan dokumen lain · Mencetak slide sebagai handout · Melakukan packing dan publising | Penilaian melalui kinerja (praktek dan sikap serta tes tertulis) | 16 JP + 2 UB = 18 JP | · Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga Jakarta · Seperangkat Komputer dengan software Power Point |
Catatan : JP = Jam Pelajaran 45 menit
UB =Ulangan Blok
semoga bermanfaat.......!!!!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar